Jumat, 28 Oktober 2011

Doa Hari Raya Saraswati

Untuk dihari-hari tertentu, dan juga ista dewata tertentu, seperti pada saat hari raya Saraswati, mantra yang digunakan untuk melakukan puja adalah :
Om Saraswati namos tubhayam
Warade kama rupini
Sidharamban karisyauni
Siddhir bhawantu me sada

“Oh keseluruhan yang lengkap, sebagai dewi Saraswati pemberi anugrah, yang berwujud begitu didambakan, semogalah segala hal yang hamba lakukan selalu berhasil baik.”

Untuk hari raya Saraswati, karena yang dipuja dan diagungkan adalah dewi Saraswati, sebagai dewinya ilmu pengetaahuan dan juga merupakan sakti dari Hyang Brahma, maka dapat juga menggunakan puja mantra berikut :
Om brahma putri mahadewi
Brahmanya brahma wandhini
Saraswati sayajanam praja naya saraswati
Om saraswati dipata ya namah

“Oh keseluruhan yang lengkap, sebagai bakti dewi dari Hyang Brahma, pancaran sakti dari Brahma, Saraswati dewi pengetahuan, saraswati yang sangat bijaksana. Oh dewi yang agung, hamba memuja-MU.”

Sangat penting bagi kita untuk memuja kebesaran dari Sang Hyang Aji Saraswati sebagai dewinya ilmu pengetahuan. Sebab dengan ilmu pengetahuanlah kita dapat hidup didunia ini dengan sentosa. Ilmu pengetahuan mempermudah hidup dan menjadikan diri manusia menjadi murni.

Melalui ilmu pengetahuan
Kebahagiaan abadi diperoleh
(Yajur Weda Samhita. 40.14)


Dan agar kita mendapatkan anugrah yang berguna untuk kesiapan kita mempelajari pengetahuan jasmani serta rohani, maka Sang Hyang Saraswati sebagai dewinya ilmu pengetahuan harus dipuja dengan kesungguhan hati.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar