Selasa, 07 Februari 2012

mantra berasal dari kata MAN dan TRA yang artinya pembebasan pikiran dari bahasa sanskerta..Dari asal kata tersebut maka bisa diumpamakan bahwa mantra memiliki suatu kegunaan dalam pembebasan dari pikiran-pikiran negatif yang membelenggu.. Mantra yang diulang-diulang diyakini dapat menimbulkan rasa rileks dan rasa tenang bagi perapal mantra tersebut..Hal ini jika dilakukan seterusnya selama hidup maka saya yakini akan dapat membantu kesadaran psikologis dari orang yang memerlukan mantra tersebut…
Mantra diyakini memiliki getaran-getaran positif dan berhubungan langsung dengan keberadaan Tuhan yang Luas..Mantra memberikan pengaruh trance dan membuat masuk perapal mantra ke dalam tubuh halusnya atau alam bawah sadarnya, menjadikan ia memiliki suatu sugesti tertentu terhadap suatu hal dan membawa ia kepada ketenangan…
ada berbagai macam mantram serta kegunaan dari mantram tersebut, yaitu :
Om (ohm) Mantram yang tertinggi tentang keberadaan Hyang Kuasa itu sendiri. Masa lalu, masa sekarang dan masa depan adalah mantra ini. Berguna untuk mencapai suatu kedamaian atas berbagai keinginan serta menuju pada pembebasan.
Om Shanti (ohm shahn-tee) Hyang Kuasa dalam damai.
Om mani padme hum (ohm mah-nay pahd-may hoom)Untuk membuka pusat hati dan membangun rasa keberdayaan.
Gate gate paragate parasamgate bodhi svaha (gah-tay gah-tay pah-rah gay-tay pah-rah-sahm gah-tay bow-dee svah-hah).Menuju melewati segala ilusi ke realitas tertinggi Hyang Kuasa.
Shivo ham (shi-voh-hum)Untuk membangkitkan spiritualitas.
Tayata om muni muni maha munaye soha (ta-ya-ta ohm moo-nee moo-nee moon-aye-yay so-ha)Untuk membangun pencerahan Buddha..
Om tare ture tuttare ture soha (ohm ta-ray too-ray too-t-tar-ray too-ray so-ha) Untuk membebaskan diri dari ketakutan.
Hari om tat sat (huh-ree ohm tut sut) Untuk penyucian diri dan pembebasan.
Om namo bhagavate vasu devaya (ohm nam-o bhag-a-va-tay va-sue day-vai- ya) 12 huruf mantram . Oh Tuhan yang tiada terbatas yang berada pada setiap sukma jiwa mahluk, kepadamu aku serahkan kesadaranku dan melihatMu diantara semua ciptaanMu
Thiru neela kantam (theeru nayla kan tam) Untuk membakar segala karma diri..
Om Gum Ganapatayei Namaha (ohm goom gana-pa-tie-ay na-ma-ha) Untuk meniadakan halangan dari segala proses-proses yang ingin dilakukan..
Om Namah Shivaya (ohm nah-mah shi-vay-ya) Sebagai penghormatan atas segala yang telah menjadikan kita sesuatu.Untuk meningkatkan pemahaman spiritualitas.
Om Sri Rama Jaya Rama, Jaya, Jaya Rama (ohm sree ramah jah-yah ram-ah jah-yah, jah-yah ram-ah)Untuk membuat diri mengalami suatu kesejatian hidup dalam tubuh manusia. Digunakan oleh Mahatma Gandi selama lebih dari60 tahun.
Om Sharavana-bhavaya Namaha (ohm sha-ra-van-a bha-vai-ya) Untuk mencerahkan dan meningkatkan energi positif dari seluruh yang terjadi pada hidup.
Contoh diatas adalah kegunaan dari berbagai mantra-mantra tersebut. Penulis sendiri meyakini bahwa mantra akan meningkatkan kepositifan pada psikologi seseorang..Orang yang stress, dan mempunyai banyak pikiran akan menjadi lebih tenang jika mantra-mantra tersebut bisa dirapalkan..walaupun arti yang disandangnya tidak dimengerti sedemikian rupa..Hal ini terjadi karena bahasa yang digunakan adalah bahasa puitis dan mengalun sampai ke dalam hati yang merapalkan mantram tersebut serta memiliki keindahan tersendiri.. Penulis adalah seorang Bipolar yang memiliki kecendrungan paranoid, dengan menggunakan mantra, penulis sendiri membuktikan bahwa mantra adalah salah satu obat dalam menjalani kehidupan sebagai manusia yang normal…
Mantra sendiri akan masuk ke dalam moods seseorang dan mempengaruhi alam bawah sadar dari perapal atau yang mendengarnya..dari alam bawah sadar itulah perasaan akan dapat dikendalikan, serta mencapai suatu kondisi moods yang positif untuk pada nantinya mencapai hal-hal yang positif pula..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar