Jumat, 11 November 2011

Dewi Lakshmi - Dewi Kekayaan

Dewi Lakshmi adalah salah satu Dewa yang paling dipuja dalam Agama Hindu. Lakshmi adalah permaisuri Maha Wisnu dan karena pernikahan ini ia juga disebut sebagai Maha Lakshmi dan Ratu Satyug. Dia juga menikah dengan Sri Rama dalam inkarnasi sebagai Sita dan Krisna sebagai Rukmini dan Radha. Mahalakshmi juga digambarkan sebagai Devi dalam bentuk yang universal nya Shakti mana dia membunuh Mahishasura Iblis. Dewi digambarkan sebagai serangkaian delapan belas bantalan bersenjata manik-manik, kapak perang, labirin, panah, petir, teratai, air panci, gada, tombak, busur, pedang, perisai, bel, Keong, anggur cangkir, jerat, trisula dan Sudarsana. Dalam bentuk ini Dewi ini disebut sebagai Dasa Ashta Bhuja Mahalakshmi. Dia adalah perwujudan dari energi yang unggul feminin Tuhan yang memurnikan spiritual, memberdayakan dan uplifts individu. Dia juga personifikasi dari energi spiritual dalam diri kita dan alam semesta yang disebut Kundalini.
Lakshmi adalah dewi kekayaan / keberuntungan kecantikan, baik dan keberuntungan. Dia biasanya digambarkan sebagai duduk atau berdiri di kelopak teratai di 100 lautan susu yang merupakan simbol kesucian, perdamaian dan kemakmuran. Nya empat lengan menandakan Kemurnian, Kemakmuran, Kesempurnaan dan Kebebasan dari perbudakan dan koin emas terus mengalir keluar dari tangan kirinya mewakili kemakmuran materi yang tak ada habisnya. Keempat gajah terlihat dalam foto-fotonya menunjukkan empat arah dan kesetiaan. Tangan kanannya menunjukkan berkat dan jaminan keselamatan untuk umat nya. Dewi Lakshmi juga disebut dengan nama simbolis 'Maha Lakshmi' Lakshmi Narayana bentuk-nya. Dewi Lakshmi karena hubungannya dengan bunga Lotus juga dikenal dengan nama Padma dan Kamala yang berarti 'orang yang tinggal di sebuah lotus'. Dia juga dikenal sebagai Padmapriya (Orang yang suka teratai), Padmamukhi (Salah satu yang wajahnya seperti Lotus), Padmakshi (Orang yang mata seindah bunga teratai), Padmasundari (Salah satu yang seindah Lotus) dan Padmahasta ( Salah satu yang memegang Lotus). Manifestasi sekunder dari Dewi kekayaan yang disembah sebagai Ashta Lakshmi atau Shri-Laksmi (Sri Lakshmi) mewakili delapan Lakshmis memimpin delapan sumber kekayaan. Ini delapan bentuk yang Adi Lakshmi, Dhanya Lakshmi, Dhairya Lakshmi, Gaja Lakshmi, Santana Lakshmi, Vijaya Lakshmi, Vidya Lakshmi, Vidya Lakshmi dan Dhana Lakshmi.
Dewi Lakshmi sebagian besar disembah selama kesempatan Diwali, festival cahaya. Dikatakan bahwa dewi ini akan memberkati orang-orang yang menyucikan jiwa mereka dengan minyak pengetahuan (Gita) sehingga dapat menghidupkan kembali seperti api yang mengapa diyas diyas yang menyala dan rumah kita dibersihkan untuk menyambut Dewi ini kesempatan. Hal ini diyakini bahwa Lakshmi hanya tinggal di rumah-rumah yang bersih dan mana orang-orang pekerja keras. Dia tidak hanya individu tetapi juga disembah dalam kombinasi dengan Narayana dalam berbagai bentuk (manifestasi) seperti LakshmiNarayana, LakshmiNarasimha, Sitaram, Radhakrishna, dan VithhalRukmini.
Beberapa mantra dari Dewi Kekayaan
"Sarvagyay Sarvavarday Sarvadushtbhaydkree
Sarvadukhaharay Devi Mahalakshmi Namostutay "
"Siddhi Buddhipraday Devi Bhuktimuktipradayeenee
Mantramurtay Sada Devi Mahalakshmi Namostutay "
"Aadhantarhitay Devi Aadhshakti Maheshwari
Yogajay Yogasambhutay Mahalakshmi Namostutay "
"Sthulsukshmay Maharodray Mahashakti Mahodray
Mahapaapharay Devi Mahalakshmi Namostutay "
"Padnaasanstithay Devi Parbrahmaswaroopeenee
Parmashree Jaganmatra Mahalakshmi Namostutay "
Kira-kira, arti dari semua mantra di atas dapat diringkas sebagai berikut: -
"Saya tunduk pada Lakshmi Maa yang segalanya, yang memberikan nikmat kepada semua, yang terrorizes kejahatan dan yang menghilangkan penderitaan dari semua. Saya menghormati dewi ilahi yang merupakan penyedia keberhasilan dan kecerdasan dan dermawan dari kenikmatan duniawi dan kebebasan Aku membungkuk. kepada Ibu Ultimate yang tanpa awal dan tanpa akhir. Aku menyerah kepada Ibu menguntungkan yang bisa menghapus bahkan yang terbesar dari dosa-dosa.
Aku tunduk pada Ibu besar yang berada di dalam hati umat adalah dewi kekayaan, kemewahan, kecantikan, kemurahan hati kekuasaan, dan keberuntungan ".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar